Tegartia's Blog

November 22, 2009

CARA PEMBELAJARAN DRIVE BACKHAND TENIS MEJA

Filed under: Tugas Kuliah — Tag:, , , , , — tegartia @ 10:45 pm

1.   Tujuan

Pukulan Drive Backhand dimana pada waktu memukul bola posisi telapak tangan yang memegang bat/raket menghadap ke belakang atau posisi punggung tangan yang memegang bat/raket menghadap ke depan.

Dengan gambaran tersebut hendaknya pemain dapat membedakan pukulan antara pukulan forehand dan drive backhand. Misalnya orang yang memukul dengan tangan kanan dan menggunakan shackehand grip akan memukul bola dengan pukulan drive backhand apabila bola berada di sebelah kirinya, dan akan melakukan pukulan forehand kalau bola berada di sebelah kanannya. Sebaiknya orang yang memegang raket dengan tangan kiri/kidal akan memukul bola dengan pukulan forehand kalau bola yang dipukul tersebut berada di sebelah kirinya dan akan memukul bola dengan pukulan drive backhand kalau bola yang dipukul tersebut berada di sebelah kanannya.

Untuk memudahkan dan menyeragamkan penggunaan istilah tersebut, maka yang akan dilihat disini adalah adalah dari sudut pemain yang kidal atau pemain yang memegang raket dengan tangan kanan karena pada umumnya orang akan mengatakan pukulan forehand kalau bola yang dipukul tersebut berada di sebelah kanannya dan akan mengatakan pukulan drive backhand kalau bola yang dipukul tersebut berada di sebelah kirinya. Hal ini bukan berarti tangan yang kidal merupakan kerugian, tetapi tangan yang kidal memiliki keuntungan karena para pemain jarang bertemu dengan pemain yang kidal akan mendapatkan kesulitan dalam menerima dan mengembalikan bola dari pemain tersebut.

Dalam berbagai penelitian menunjukkan bahwa kecepatan reaksi lengan kiri lebih tinggi dari lengan kanan dan menurut perbandingan pemain internasional yang memiliki prestasi lebih banyak pemain yang kidal daripada yang tidak kidal.

2.   Isi Materi

Untuk melakukan pukulan dengan dorongan drive backhand sikap tubuh dan kedua kaki berdiri sejajar dengan meja, tungkai kanan berada di depan.

¨      Sikap awal gerakan lengan

Lengan atas tidak terlalu lurus kebawah juga tidak mengarah horizontal ke depan tetapi menyerong. Lengan bawah membentuk sudut kecil dengan lengan atas, posisi bat/raket terbuka selama melakukan pukulan.

¨      Gerakan memukul

Gerakan memukul dilakukan dari belakang ke depan dari kiri dan ke kanan dan dari atas ke bawah dengan lengan direntangkan. Untuk melakukan gerakan pikulan ini perhatian dipusatkan terutama pada lengan bawah.

¨      Sikap akhir gerakan lengan

Setelah bat/raket berada di depan badan. Perkenaan bat dengan bola, ini tergantung pada kecepatan pemain yang dilakukan, bola yang datangnya pelan dipukul ketika mencapai titik tertinggi, tetapi apabila datangnya bola cepat dipukul sebelum mencapai titik tertinggi.

Sikap posisi kedua kaki dan tubuh berdiri parallel dengan meja pada waktu mengadakan gerakan kontra serangan drive backhand.

¨      Sikap awal gerakan lengan

Sama seperti gerakan pada dorongan drive backhand yaitu gerakan lengan atas mengarah serong ke depan. Kemudian lengan bawah tidak membentuk sudut yang kecil dengan lengan atas, tetapi besarnya sudut lebih dari 90. Dengan demikian posisi tangan akan lebih dekat pada tubuh daripada posisi siku. Posisi bat/raket selama selama melakukan pukulan sedikit tertutup dan berakhir dengan posisilebih dekat pada tubuh daripada sikap awal.

¨      Gerakan memukul

Gerakan lengan dilakukan dari bawah ke atas, dari belakang ke depan dan dari kiri ke kana. Tujuannya adalah gerakan lengan ke bawah, jika diperlihatkan seakan-akan menepuk ke arah tubuh sebagai akibat dari gerakan lengan bawah. Sehingga lengan atas tidak mengikuti untuk bergerak ke atas karena berfungsi mengekang gerakan lengan bawah. Dalam melakukan gerakan dengan pukulan drive backhand para pemain tingkat dunia sering melakukan gerakan mempercepat gerakan tangan. Lebih baik dilakukan oleh pemula, tetpai justru sebaliknya akan mengakibatkan dirinya kurang kontrol terhadap pukulan.

¨      Sikap akhir gerakan lengan

Bat/raket lebih tertutup dan lengan hampir direntangkan. Saat bat mengenai bola dalam gerakan kontra serangan backhand yaitu sebelum atau pada saat bola mencapai titik tertinggi adalah tergantung dari kecepatan permainan yang dilakukan. Apabila datangnya perlahan dipukul saat bola mencapai titk tertinggi, tetapi apabila datangnya bola cepat dipukul sebelum mencapai titik tertinggi.

¨      Efek bola melayang

Efek adalah berputarnya bola pada waktu melayang setelah kena pukulan bat/raket. Apabila bola berputar ke depan, perputaran itu disebut tospin dan apabila berputarnya ke belakang disebut backspin, jika ke samping kanan atau kiri disebut sidespin. Dalam suatu permainan jarang terjadi pukulan topspin/backspin yang murni karena kebanyakan pukulan bola tersebut juga mengandung sidespin meskipun hanya sedikit.

3.   Kegiatan Inti

¨       Latihan ballfilling dengan cara melingkari/memutari lapangan tennis meja sebanyak 5x secara bergantian.

¨       Setelah itu dilakukan gerakan menggesekkan/memukul bola dengan bad, dilakukan dengan posisi gerakan drive backhand dan gerakan tersebut dilakukan secara bergantian dan berulang-ulang sampai terlatih.

¨       Kemudian dilakukan gerakan berpasangan supaya terlatih.

  1. Lakukan drive backhand secara perlahan-lahan
  2. Lakukan drive backhand secara cepat.
  3. Lakukan drive backhand secara lebih cepat.
  4. Lakukan drive backhand secara mengarah ke kiri maupun ke kanan.

A

B

¨       Variasi, setelah itu kemudian kita melakukan bola untuk mengarahkan bola ke kanan dan ke kiri dengan melakukan pukulan drive backhand tersebut supaya menciptakan hasil yang maksimal.

About these ads

6 Komentar »

  1. makasih atas segala informasinya,ini sangat bermanfaat sekali buat saya dan untuk yg lainnya,yg menggemari olah raga tenis meja.

    Komentar oleh Asep Hidayat — Juli 29, 2011 @ 2:52 am

  2. mantap.

    Komentar oleh dewa putu selawa — Januari 10, 2012 @ 1:04 pm

  3. bagus turorialnya….

    tapi ;ebih bagus kalau pake gambar….biar lebih kebayang

    Komentar oleh loveataeyeon — Maret 15, 2012 @ 10:26 am

  4. izin copas a.

    Komentar oleh rudi — Juni 6, 2012 @ 11:40 am

  5. mksh tas infrmsinya,,,,,,,,,,,,,tp harus di padukan dengan gambar,,,,,agar yg belum ngerti tentang backhand akan tau gerakan”y

    Komentar oleh wandy — Juni 20, 2012 @ 11:02 am

  6. gak ngerti apa yg diblang admin

    Komentar oleh Edi — Februari 17, 2013 @ 2:15 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Banana Smoothie Theme. Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: