Tegartia's Blog

November 22, 2009

PENGARUH KONDISI IBU TERHADAP PERKEMBANGAN JANIN

Filed under: Tugas Kuliah — Tag:, , , , — tegartia @ 10:54 pm

A.  PENGARUH KONDISI IBU TERHADAP PERKEMBANGAN JANIN

Faktor-faktor penting yang mempengaruhi perkembangan janin adalah sebagai berikut :

  1. Gizi makanan ibu

Gizi makanan yang dikonsumsi oleh ibu berpengaruh terhadap perkembangan janin. Jika gizi yang dikonsumsi ibu diatur dengan baik maka besar, panjang, serta kesehatan bayi juga baik. Gizi yang baik akan berpengaruh baik pada janin, sedangkan gizi yang buruk akan berpengaruh negatif pada janin. Bila gizi ibu normal pada masa sebelum dan selama hamil kemungkinan besar akan melahirkan  bayi yang sehat, cukup bulan dengan berat badan normal.  Dengan kata lain kualitas bayi yang dilahirkan sangat tergantung pada keadaan gizi ibu sebelum dan selama hamil. Protein sangat penting untuk petumbuhan bayi, oleh karena itu ibu harus mengkonsumsi banyak protein selama masa kehamilan. Kondisi sosial ekonomi adalah faktor yang menyebabkan kekurangan gizi pada ibu hamil, sehingga bayi yang dilahirkan juga akan prematur.

  1. Aktivitas fisik dan kondisi emosional

Aktivitas fisik akan berpengaruh fatal pad perkembangan janin, apabila ibu melakukan aktivitas fisik yang betar dan berlebihan. Aktivitas yang berat akan menyebabkan menyusutnya berat janin, bahkan sampai bisa menimbulkan keguguran jika aktivitas berat tersebut dilakukan pada masa awal kehamilan. Aktivitas fisik yang boleh dilakukan pada ibu hamil adalah aktifitas fisik yang relatif ringan. Kondisi emosional ibu juga berpengaruh pada perkembangan kejiwaan janin. Seperti ketika ibu marah atau emosinya tidak stabil maka anak yang akan dilahirkan menjadi perasa atau bahkan cengeng.

  1. Penyakit yang didindap ibu

Ketika hamil, kondisi fisik seorang ibu haruslah sangat sehat, karena penyakit sangat berpengaruh negatif terhadap janin yang berada dalam kandungan ibu. Terbentuknya organ janin yang tidak sempurna atau cacat, bahakan kematian bayi ketika masih berada dalam kandungan adalah suatu akibat dari penyakit yang diderita ibu. Penyakit tersebut antara lain kolera, malaria, influenza, dan sipilis.

  1. Obat-obatan, alkohol dan rokok

Obat-obatan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin, terutama apabila di saat awal-awal kehamilan. Pengkonsumsian obet-obatan seperti aspirin, obat-obat malaria dapat mengakibatkan pertumbuhan organ-organ tubuh pada janin menjadi tidak sempurna. Alcohol juga dapat mengakibatkan kematian pada janin. Ibu yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami suatu penyimpangan kelahiran yakni fetal alcohol syndrome. Pengaruh rook dan narkotika menyebabkan berkurangnya berat badan bayi yang dilahirkan. Besar kecilnya pengaruh darai obat-obatan tersebut diatas bergantung pada banyak sedikitnya pengkonsumsian ibu terhadap obat-obatan tersebut.

B.   FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INDIVIDU

  1. Gizi

Menurut Tanner (1978) pengaruh gizi terhadap perkembangan individu adalah sebagai berikut :

  1. Kecepatan pertumbuhan

Pada anak-anak yang mengalami kekurangan gizi akan mengalami kelambatan pertumbuhan dan akan tumbuh dengan normal apabila gizi yang diperlukan sudak tercuku[I dengan baik.

  1. Ukuran tubuh setelah dewasa

Kekurangan gizi pada anak-anak yang terus berkelanjutan tanpa adanya penanggulangan makan akan mengakibatkan pencapaian ukuran tubuh yang kecil pada waktu ia sudah beranjak dewasa.

  1. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh pada individu yang kekurangan gizi akan cenderung tampak ramping.

  1. Komposisi jaringan tubuh

Komposisi jaringan tubuh pada individu yang kekurangan gizi akan mangakibatkan proporsi jaringan lemak yang terlalu kecil atau kurus.

  1. Aktivitas
  1. Status kesehatan

Status kesehatan individu sangatlah penting dan ia harus senantiada menjaga kesehatan dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit. Pengaruh penyakit pada perkembangan individu tergantung pada berat ringannya penyakit tersebut. Penyakit yang cukup berat akan menimbulkan lambatnya pertumbuhan. Meskipun  penyaklit yang diderita seseorang tergolong ringan tetapi sering diderita akan semakin nampak akibatnya terhadap pencapaian ukuran tubuh cenderung kecil pada saat dewasa.

  1. Genetik (keturunan)

Genetik atau keturunan akan menentukan potensi meksimal dan penampilan fisik individu. Faktor keturunan atau genetik merupakan sifat bawaan sejak lahir yang diperoleh dari orangtuanya. Faktor keturunan biasanya bersatu dengan faktor lingkungan untuk saling mempengaruhi perkembangan individu. Pengaruh dari keturunan adalah terhadap ukuran, bentuk dan kecepatan irama pertumbuhan. Misalnya seorang akan anak akan cenderung memiliki tinggi badan yang tinggi apabila orangtunya juga memiliki badan yang tinggi.

  1. Jumlah keluarga dan status ekonomi sosial

Pengaruh dari jumlah keluarga dan status ekonomi sosial mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pertumbuhan. Terciptanya suasana keluarga yang bahagia atau tidak adanya himpitan sosial, kemampuan mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan sangat tergantung pada jumlah keluarga dan status ekonomi sosial individu. Individu pada status sosial yang tinggi cenderung lebihcepat dal pertumbuahnnya namun berbanding terbalik dengan anak-anak dari status ekonmi sosial yang rendah akan cenderung terhambat dalam proses pertumbuhannya. Semakin banyak jumlah anak dalam suatu keluarga maka pemenuhan kebutuhan pertumbuhan akan cenderung terabaikan.

  1. Musim dan iklim

Pengaruh yang ditimbulkan oleh musim dan iklim adalah terhadap irama pertumbuhan. Pertumbuhan rata-rata tertinggi pada individu yang berada di daerah yang mengalami musim dingin dan panas terjadi pada pertengahan musim dingin, pertumbuhan terendah terjadi pada pertengahan musim panas.  Pengaruh iklim terjadi dalam jangkan waktu yang relatif panjang dari generasi ke generasi. Bentuk tubuh juga dipengaruhi oleh faktor geografis yang berhubugan dengan iklim.

  1. Perbedaan suku

Suku merupakan faktor keturunan dari orangtua yang selanjutny berkembang melalui interaksi yang sangat komleks dengan berbagai faktor lingkungan di sekeliling individu. Perbedaan ukuran rubuh rata-rata, kecepatan pertumbuhan dan bentuk tubuh antara suku bangsa yang berbeda-beda merupakan akibat dari bergamnya faktor lingkungan yang ada pada kehidupan berbagai suku bangsa.

  1. Himpitan psikososial

Tekanan psikososial dapat menghambat pertumbuhan yang ada kaitannya dengan fungsi hormon. Fungsi hormon yang tidak normal akan mengakibatkan stress yang berlebihan sehingga pertumbuhan menjadi tidak normal. Apabila himpitan psokososial hilang kemudian fungsi hormon pertumbuhan kembali stabil atao kembali normal maka pertumbuhan juga lembali normal.

  1. Kcenderungan sekular

Merupakan kecenderungan adanya perubahan dari tahun ke tahun karena perkembangan zaman. Terjadinya kecenderungan secular disebabkan oleh adanya pola kehidupan dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan yang dapat mendukung kehidupan manusia yang semakin baik.

  1. Urbanisasi

Merupakan perpindahan dari desa ke kota menunjukkan adanya hubungan positif dengan pertumbuhan individu. Pengaruh yang ditunjukkan dari urbanisasi ini merupakan pengaruh yang tidak langsung. Orang-orang dari desa cenderung mengikuti pola makan orang kota sehingga gizinya akan mningkat dibandingkan ia sewaktu hidup di desa dulu.

About these ads

3 Komentar »

  1. Saya suka dengan artikel yang ini….
    Baguzzzzzz

    Komentar oleh Setitia — November 22, 2009 @ 11:39 pm

  2. seven And as a result develop enhanced PMS symptoms, which include unpleasant durations.
    Ginseng is an exceptionally effective qi tonic herb and utilized to tonify first Qi and serious qi deficiency.

    Even if it is jut sweeping the base, don’t forget to it now, and we
    can complete this test.

    Komentar oleh kebutuhan gizi pada ibu hamil — Juli 7, 2014 @ 11:44 pm


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Banana Smoothie. Get a free blog at WordPress.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: