Tegartia's Blog

Januari 5, 2010

ATLETIK

Filed under: Tugas Kuliah — Tag:, , , , — tegartia @ 2:06 pm

A. Sejarah Perkembangan Atletik Pertengahan abad ke-19, Inggris telah mengembangkan olahraga atletik ke seluruh dunia. Di Amerika Serikat, untuk pertama kali diperlombakan cabang atletik pada tahun 1876, itupun terbatas antar perguruan tinggi. Munculnya Athletic Club tahun 1870 di New York yang menandai perkembangan atletik sangat menggembirakan. Klub ini yang pertama kali mengadakan lomba atletik

. Bangsa Indonesia mengenal cabang olahraga atletik sejak zaman pernjajahan Belanda, yaitu tahun 1930. Saat itu para penjajah membneutk organisasi atletik yang diberi nama NIAU (Netherland Indische Athletic Unie) yaitu sebuah organisasi yang menyelenggarakan perlombaan atletik kemudia setelah itu bermunculan klub-klub atletik di berbagai daerah seperti Medan, Solo, Surabaya, Bnadung dsb. Setelah itu, berkat kerjasama pakar atletik, Indonesia berhasil membentuk organisasi atletik nasional yang diberi nama PASI (Persatuan Stletik Seluruh Indonesia) tepatnya pada tanggan 03 September 1930 di Semarang. Sebagai keinginan pertamanya pada tahun yang sama siselenggarakan oerlombaan atletik di Bandung. Perlombaan tersebut sekaligus dimaksudkan untuk memilih wakil-wakil Indonesia untuk diterjunkan pada Asean Games yang pertama di New Delhi India pada tahun 1951, terpilihlah sejumlah atlet Indonesia yang muncul di dunia atletik yang sejak itu mulai berkembang. Kata atletik berasak dari bahawa Yunani yaitu Athlon atau Athlum artinya pertandingan, perlombaan, pergulatan atau perjuangan. Istilah athletic dalam bahasa Inggris dan athletic dalam bahasa Jerman mempunyai engertian yang luas meliputi berbagai cabang olehraga yang persifat perlombaanatau pertandingan. Atletik adalah olahraga yang tumbuhdan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia B. Pengetian Lompat Tinggi Gaya Straddle Lompat tinggi gaya straddle adalah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang sampai saat ini masih digunakan dalam perlombaan dan diajarkan di sekolah-sekolah sejak munculnya gaya flop, popularitas gaya straddle mulai menurun dan tidak pernah digunakanlagi dalam perlombaan besar seperti PON apalagi dalam kejuaraan internasional. Perbedaan antara gaya straddle dengan gaya-gaya lainnya adalah dilihat dari pelaksanaannya melewati mistar yang mengharuskan kaki dibuka lebar hingga sebelum pelaksanaan pendaratannya, kedua kaki itu tetap diuka lebar. Dari segi lain, perbedaannya adalah pada kaki tolak yang digunakan pada gaya ini dan mendarat dengan kaki ayun (terjatuh). Perbedaan sikap tubuh selama di udara, gaya straddle dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu horisontal straddle dan arch/dive straddle. C. Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle 1. Teknik Awalan a. Arah Awalan lompat tinggi gaya straddle dilakukan dalam garis lurus yang menyerang dari permukaan depan matras pendaratan. Sudut yang disarankan adalah sekitar 20 – 30 derajat dari garis lurus matras, tetapi dapat juga awalan tersebut berbentuk lengkung dengan sudut 45 – 55 derajat terhadap letak mistar. b. Kecepatan Kecepatan awalan lompat tinggi hanya diperlukan untuk mendorong badan untuk melewati mistar. Panjang awalan delapan langkah, empat langkah terakhir lebih lebar dari empat langkah yang pertama. Agar selalu bertumpu pada titik tumpu yang tepat dianjurkan menggunakan tanda-tanda, kalau tumpuan dilakukan dengan kaki kir maka awalan dimulai dari sebelah kiri 2. Teknik Tolakan Kaki Tolakan adalah psoses merubah momentum horisontal awalan menjadi momentum vertikal yang diperlukan untuk melewati mistar. Tolakan kaki tumpu harus kuat agar menghasilkan gerakan naik yang maksimum. 3. Teknik Melewati Mistar Setelah mencapai titik tinggi maksimum badan diputar kek kiri penuh, dengan kepala mendahului melewati mistar, perut dan dada menghadap ke bawah. Kaki tumpuan yang semula bergantung ditarik dalam sikap kangkang. Pada saat ini, kaki kanan sudah turun dan tangan sudah bersiap-siap membantu mendarat. 4. Teknik Mendarat Setelah melewati mistar dan jatuh ke punggung tidak membahayakan bagi pelompat. Tetapi kalau tempat pendaratan merupakan bak pasir karena bak lompat yang empuk dan aman tidak ada, maka pendaratan dilakukan dengan kaki kanak (kaki ayun) dan dibantu oleh kedua tangan. Kalau badan terpaksa dijatuhkan, yang jatuh terlebih dahulu adalah pundak bagian kanan kemudian terus berguling. D. Hal-hal yang Harus Diutamakan 1. Rendahkan titik pusat garvitasi pada saat langkah terakhir. 2. Bertolak dan angkatlah vertikal ke atas dengan gerakan lengan secara benar. 3. Angkatlah kaki ayun dengan gerakan tendangan. 4. Luruskan kaki ayun pada saat melewati kaki penolak. 5. Angkatlah kaki penolak bengkok ke arah bahu. 6. Turunkan kepala dan bahu. 7. Turunkanlah kaki ayun di sebelah lain dari mistar. 8. Bukalah keluar dari kaki tolak. E. Kesalahan-kesalahan yang Sering Terjadi 1. Awalan kurang baik, kurang cepat/terlalu cepat. 2. Pada waktu menumpu kurang kuat. 3. Pada waktu melewati mistar kepala mendahului melewati mistar. F. Lompat Jauh Gaya Menggantung Disebut juga gaya tegak (Schnepper/Hag Style). Agar dapat menguasai lompat jauh, seorang pelompat harus menguasai teknik-teknik lompat jauh yaitu awalan, tolakan, saat melayang, dan mendarat. Teknik tersebut antara lain : 1. Teknik awalan Jarak awalan biasanya dilakukan sejauh 30 – 45 m, dalam lintasan berukuran panjang 40 – 45 mdan lebar 1,21 – 1,22 m. Sebelum awalan biasanya didahului oleh sikap start. Awalan lompat jauh berfungsi untuk mendapatkan kecepatan lari pada waktu akan melompat. Awalan dilakukan dengan lari secepat-cepatnya tanpa merubah langkah, konsentrasikan agar dapat melakukan lompatan (tolakan) dengan baik. 2. Teknik tolakan Ketepatan tolakan papan tumpuan serta besarnya tenaga tolakan yang dihasilkan oleh kaki sangat menentukan hasil lompatan. Yang perlu diperhatikan adalah menolak dengan menggunakan kaki yang kuat, sikap badan lebih ditegakkan atau sedikit condong ke belakang, kedua tangan diayun ke depan atas untuk membantu mengangkat badan, sudut tolakan antara 40-45 derajat, urutan perkenaan kaki pada papan tumpuan dimulai dari tumit, telapak kaki, dan ujung kaki. 3. Teknik gerakan saat melayang Teknik ini dilakukan setelah melakukan tolakan yang baik yaitu sikap badan melenting ke belakang. kedua tangan lurus ke atas ke belakang, sedangkan kedua kaki hampir rapat lemas ke belakang, kedua lengan dibawa ke depan disertai dengankedua lutut ditekuk. Berat badan dibawa ke depan. 4. Teknik mendarat Menggunakan kedua kaki dan kedua tangan ke depan, serta berat badan dibawa ke depan. Mendaratlah pada bak lompat jauh dengan berat badan dan tangan dibawa ke depan. Kata atletik berasal dari bahawa Yunani yaitu Athlon atau Athlum artinya pertandingan, perlombaan, pergulatan atau perjuangan. Lompat tinggi gaya straddle adalah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang sampai saat ini masih digunakan dalam perlombaan. Atletik adalah olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Disebut juga gaya tegak. Agar dapat menguasai lompat jauh, seorang pelompat harus menguasai teknik-teknik lompat jauh yaitu awalan, tolakan, saat melayang, dan mendarat. Jarak awalan biasanya dilakukan sejauh 30 – 45 m, dalam lintasan berukuran panjang 40 – 45 mdan lebar 1,21 – 1,22 m. Sudut tolakan antara 40-45 derajat, urutan perkenaan kaki pada papan tumpuan dimulai dari tumit, telapak kaki, dan ujung kaki.

About these ads

9 Komentar »

  1. ajibb

    Komentar oleh valencia zia — Januari 19, 2010 @ 12:45 pm

  2. sudah lumayan bagus dan lengkap

    Komentar oleh ardhie — Agustus 5, 2010 @ 2:12 am

  3. kok isinya hampir sama ya dengan lks pelita penjas orkes kelas 11?

    Komentar oleh Pelajar SMA — Agustus 19, 2010 @ 11:45 am

  4. Hmmmm makasih udah membantu.

    Komentar oleh Megan Fox — September 29, 2011 @ 6:56 am

  5. terlalu rapat, bagusnya lebih dikelompokkan

    Komentar oleh Elvina — Januari 25, 2012 @ 1:38 pm

  6. thanks atas info’a !!

    Komentar oleh Laras — Januari 29, 2012 @ 2:18 am

  7. teema yang d pilih mnariik.. :)

    Komentar oleh Laras — Januari 29, 2012 @ 2:24 am

  8. I have learn a few just right stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting.
    I surprise how a lot attempt you place to create this sort of wonderful informative
    site.

    Komentar oleh flat-tummy-exercises.com — Oktober 15, 2012 @ 12:27 am

  9. mksh udh membntu

    Komentar oleh Miranti Aulia — Februari 10, 2014 @ 6:26 am


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Banana Smoothie. Get a free blog at WordPress.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: