Tegartia's Blog

Desember 14, 2009

AIDS, GONORHOE, DAN SIFILLIS

Filed under: Tugas Kuliah — Tag:, , , , — tegartia @ 1:01 am

APAKAH AIDS ?


  • Penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang merusak sistem kekebalan tubuh.
  • Virus penyebab AIDS adalah HIV (Human Immunodeficiency Virus)
  • Penderita AIDS yang meninggal, bukan semata-mata disebabkan oleh virus AIDS, tetapi juga oleh penyakit lain yang sebenarnya bisa ditolak, seandainya sistem kekebalan tubuh tidak rusak oleh virus AIDS.

BAGAIMANA AIDS MENULAR ?



  • 75-85 % Penularan terjadi melalui hubungan seks (5-10 % diantaranya melalui hubungan homoseksual)
  • 5-10 % akibat alat suntik yang tercemar (terutama pada pemakai narkotika suntik)
  • 3-5 % melalui transfusi darah yang tercemar
  • 90 % infeksi pada bayi dan anak terjadi dari Ibu yang mengidap HIV
  • 25-35 % bayi yang dilahirkan oleh Ibu pengidap HIV akan menjadi pengidap HIV

GEJALA AIDS


  • Rasa lelah berkepanjangan
  • Sesak nafas dan batuk berkepanjangan
  • Berat badan turun secara menyolok
  • Pembesaran kelenjar (di leher, ketiak, lipatan paha) tanpa sebab yang jelas
  • Bercak merah kebiruan pada kulit (kanker kulit)
  • Sering demam (lebih dari 38 °C) disertai keringat malam tanpa sebab yang jelas
  • Diare lebih dari satu bulan tanpa sebab yang jelas

SIAPA KELOMPOK RESIKO TINGGI ?


  • Siapa saja yang memiliki perilaku seksual berganti-ganti pasangan

BAGAIMANA MENCEGAH AIDS


  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Pencegahan kontak darah, misalnya pencegahan terhadap penggunaan jarum suntik yang diulang
  • Dengan formula A-B-C
    • ABSTINENSIA artinya tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah
    • BE FAITHFUL artinya jika sudah menikah hanya berhubungan seks dengan pasangannya saja
    • CONDOM artinya pencegahan dengan menggunakan kondom

PENELITIAN, ARTIKEL AIDS


Sifilis

Sifilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum.

Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus).

Gejala dan tanda dari sifilis banyak dan berlainan; sebelum perkembangan tes serologikal, diagnosis sulit dilakukan dan penyakit ini sering disebut “Peniru Besar” karena sering dikira penyakit lainnya.

Di Amerika Serikat, dilaporkan sekitar 36.000 kasus sifilis tiap tahunnya, dan angka sebenarnya diperkiran lebih tinggi. Sekitar tiga per lima kasus terjadi kepada lelaki.

Bila tidak terawat, sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung, atau otak. Sifilis yang tak terawat dapat berakibat fatal. Orang yang memiliki kemungkinan terkena sifilis atau menemukan pasangan seks yang mungkin terkena sifilis dianjurkan untuk segera menemui dokter secepat mungkin.

Sifilis dapat dirawat dengan penisilin atau antibiotik lainnya. Menurut statistik, perawatan dengan pil kurang efektif dibanding perawatan lainnya, karena pasien biasanya tidak menyelesaikan pengobatannya. Cara terlama dan masih efektif adalah dengan penyuntikan procaine penisilin di setiap pantat (procaine diikutkan untuk mengurangi rasa sakit); dosis harus diberikan setengah di setiap pantat karena bila dijadikan satu dosis akan menyebabkan rasa sakit. Cara lain adalah memberikan kapsul azithromycin lewat mulut (memiliki durasi yang lama) dan harus diamati. Cara ini mungkin gagal karena ada beberapa jenis sifilis kebal terhadap azithromycin dan sekitar 10% kasus terjadi pada tahun 2004. Perawatan lain kurang efektif karena pasien diharuskan memakan pil beberapa kali per hari.

Perawat kesehatan profesional mengusulkan seks aman dilakukan dengan menggunakan kondom bila melakukan aktivitas seks, tapi tidak dapat menjamin sebagai penjaga yang pasti. Usul terbaik adalah pencegahan aktivitas seksual dengan orang yang memiliki penyakit kelamin menular dan dengan orang berstatus penyakit negatif.

GONORHOE

Gonorhoe adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh kuman gogokukus yang sangat menular dan ditularkan lewat hubungan seksual (badan).

Gejalanya :
Pada Pria; cairan kental yaitu nanah keluar dari lubang uretra atau saliran kemih (beberapa pada pria tanpa gejala), nyeri/rasa panas sewaktu buang air kecil

Pada Wanita; Keputihan yang berlebihan dan tidak wajar (berbau, gatal dan berubah Warna); Sebagian tidak ada gejala pada wanita, sebagian lagi gejalanya keluar cairan berlebih diling vagina, nyeri, rasa panas sewaktu buang air kecil.

Penyebabnya :
Infeksi genitalis dan saluran kemih dapat di sebabkan oleh bakteri Neisseiria gonokukus, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan alat pengaman. Gejalanya biasanya timbul 2-10 hari setelah berhubungan.

Produk K-link yang digunakan :
1. UIE K-Liquid Clorofill (Rp. 140.000); Dosis : 3×1 sloki dilarutkan dalam 1 gelas air sehari. Jangan lupa berjemur di matahari selama 10-15 menit
2. K-Sauda VCO (Rp. 134.000); Dosis 2×1-2 kapsul/hari. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman gonokukus
3. Propolis Platinum (Rp. 99.000); Dosis : 3×5-10 tetes sehari bedakan ½ jam dengan minum produk lainya untuk mengurangi aktivitas virus dalam tubuh, sebagai antibiotik alamiah. (untuk alat kelaminnya dapat diteteskan dengan propolis 1-2 tetes 2x sehari)
4. Untuk wanita : K-Puyikang (Rp. 330.000) Dosis: 2×1 saset/hari pagi dan amlam dilarutkan dan digunakan sebelum mandi senagai pembersih rahim.

Mengatasi Kencing Nanah(Gonorhoe)

Penyakit ini disebabkan oleh kuman diplo coccus, yang berbentuk bulat mirip dengan biji kopi, dan hidupnya berpasangan. Pada saluran penderita laki-laki terdapat radang dari saluran air seini yang mengeluarkan lendir bernanah, sehingga menetus terus dari lobang kencingnya. Dan apabila penderita kencing, maka akan terasa panas pada saat kencing, maka kebanyakan penderita membatasi minumnya supaya tidak sering kencing. Penderita juga harus membersihkan tangannya sampai bersih sehabis mencebok kelaminnya karena akan sangant berbahaya apabila kuman pada kelaminnya itu kena mata. Penyakit ini juga akan membuat Anda mandul jikalau penyakit ini sudah menjalar ke bagian buah zakar Anda.

Apabila Anda wanita kuman-kuman tersebut meradang ke seluruh selaput lendir dari kemaluan sehingga menyebabkan keluarnya lendir bernanah dari lubang kemaluanya yang bisa disebut darah putih atau piktay. Karena bercampurnya kuman-kuman lain yang masuk dari luar maka dara putih ini sering bau dan bisa membuat gatal-gatal di kulit sekitar vagina. Lubang air seni pada perempuan terpisah dari lubang kemaluannya, pada permulaan sakit gonorhoe kencinya tidak terasa panasa atau nyeri, tapi lama-kelamaan kumannya menjalar kesaluran air kencing hingga pada akhirnya kencing akan terasa panas dan nyeri.

Tidak perlu kuatir saya akan memberi tips yang semoga akan berguna bagi Anda, resep ini saya dapatkan dari buku “Aneka Resep Obat Kuno yang mujarab”. Ikutilah cara-cara berikut :

Carilah serbuk dari kayu cendana 1 sendok teh, 20 butir buah kemulus, 20 helai daun kumis kucing(remujung).

Setelah semua bahan di atas Anda dapatkan, maka tumbuklah semuanya, lalu rebuslah dengan air 1 gelas selama 10 menit. Lalu saringlah, terus minumnya ditambah dengan gula jawa atau madu, setiap 2 kali atau 3 kali. Dan tiap kali pengobatan dibuat lagi rebusan baru.

Ada lagi alternatif yang Anda bisa praktekan: Ambilah kulit kamboja 2 jari tangan, dan 20 helai daun kumis kucing.

Caranya pertama kulit kamboja ditumbuk halus lalu direbus bersama-sama dengan 2 gelas air minum, selama 15 menit. Sesudah disaring lalu diminum dengan gula batu, 2kali sehari satu gelas. Dan setiap kali akan mengobati supaya membuat rebusan yang baru.

Dengan menggunakan cara seperti diatas, maka penyakit yang berbahaya itu Insya Allah akan sembuh. Penyakit gonorhoe dapat menyebabkan kemandulan bagi pria dan wanita. Apabila kebetulan penyakit ini menjangkiti perempuan hamil maka bayi yang berada dalam kandungan tidak akan terinfeksi, tapi pada saat melahirkan kan harus melewati kemaluan yang mendandung penyakit yang berbahaya khususnya bagi mata si bayi.

Selamat mencoba…

Penyakit kencing nanah dapat menyebabkan kemandulan bagi perempuan maupun lelaki. Jika ada yang kebetulan menderita penyakit ini, maka cobalah resep alami dibawah ini.

Bahan:

  • 1 sdt serbuk kayu cendana
  • 20 butir buah kemukus
  • 20 helai daun kumis kucing

Cara membuat:

  • Tumbuklah semua bahan hingga halus dan rebus dengan 1 gelas air selama 10 menit.
  • Lalu disaring.

Cara pemakaian:

  • Minum ramuan tersebut dengan ditambah dengan gula jawa dan madu 3 kali sehari setiap hari.
  • Setiap pengobatan dibuat lagi ramuan baru.

Selain itu ada juga resep yang berbeda:

Bahan

  • 2 jari tangan kulit kamboja
  • 20 helai daun kumis kucing

Cara membuat:

  • Tumbuk bahan-bahan tadi hingga halus, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit, saring airnya.
  • Minumlah dengan gula batu 2 kali sehari satu gelas.
  • Tiap kali pengobatan harus dibuat ramuan baru lagi.

1 Komentar »

  1. terima kasih atas infonya.. kebetulan saya mengalami GO sy sdh berobat pake suntikaan dan pil. tp sepertinya belum tuntas

    Komentar oleh rewa — Oktober 21, 2010 @ 3:46 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: